Wednesday 14 January 2015

Meditasi Yoga Haram?


Kekasih Allah.- Belakangan ini Yoga mulai banyak diminati orang. Bahkan beberapa artis ikut menggeluti profesi sebagai instruktur Yoga, ambil contoh Aktor Anjasmara.

Anjasmara sudah mengenal Yoga sejak 1994 dan mulai rutin melakukannya setahun lalu, Anjas sudah merasakan manfaatnya bagi kesehatan, dia merasa sudah tidak pernah merasa sakit sejak ikut aktifitas yoga, bahkan dia mendapatkan lisensi untuk menjadi pelatih yoga untuk kelas 300 jam.

Yoga diabil dari bahasa sangsakerta berarti "penyatuan" yang bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan sang pencipta". Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat hindu, yang menitik beratkan pada aktifitas meditasi atau tanpa dimana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indranya dan tubuhnya secara keseluruhan. (sumber) 

Namun baru-baru ini ada fatwa yang tidak sedap bagi penggemar meditasi yoga, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengharamkan meditasi yoga. Seperti dilansir Solopos,com Sekertaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam menyampaikan ada sejumlah keputusan terkait fatwa haramnya yoga. ketentuan tersebut meliputi :


1. Yoga yang murni ritual dan spiritual agama lain, hukum melakukannya bagi orang islam adalah haram.

2. Yoga yang mengandung meditasi dan mantra atau spiritual ajaran agama lain hukumnya haram, sebagai preventif (sadd al-dzari'ah)

3. Yoga yang murni olahraga pernafasan untuk kepentingan kesehatan hukumnya mubah (boleh)

Fatwa MUI sendiri sejalan dengan Fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Fatwa Kebangsaan Malaysia (MFKM), yang mengumumkan jauh-jauh hari sekitar tahun 2008 bahwa yoga itu haram jika dilakukan secara sistematik, yakni terdiri dari gerakan fisik, membaca mantra (doa-doa) Hindu, dan meditasi yang menyatukan diri manusia dengan Tuhan. (Literasi)

Sedangkan di Mesir sendiri fatwa diharamkannya Yoga sudah dikeluarkan sejak tahun 2004 yang lalu. (literasi)

Perlu pembaca Kekasih Allah ketahui bahwa keberadaan yoga yang banyak dilakukan masyarakat dan perkumpulan yoga hari ini sebenarnya bukan yoga yang murni oleh tubuh. melainkan mereka banyak mencampur adukan gerakan yoga dari tahap meditasi diam hingga meditasi gerak dengan selalu mengiringinya dengan bacaan-bacaan khusus disertai dengan menghadirkan hati dan kekhusyu'an. memusatkan pikiran dan konsentrasi, atau melihat pada objek gambar tertentu, Setelah mereka melakukannya, biasanya mereka merasakan sensasi yang berbeda. bahkan ada yang mengklaim bahwa mereka didatangi oleh makhluk astral (dewa-dewi) yang sesungguhnya itu adalah syaitan. 

Kesesatan Mantra Yoga

Penggunaan mantra yoga ini banyak dilakukan oleh berbagai "rumah/padepokan yoga". Pengistilahan penyebutan mantra syirik dikalangan para praktisi yoga kadang disamarkan dengan istilah chanting. Chanting adalah menyebutkan kalimat yang diulang seperti om yoga om, adalah untuk meditasi memusatkan konsentrasi dengan membuang pikiran yang ada di luar sebelum berlatih Yoga.

Mantra om yoga om yang sering dilafalkan sebelum latihan yoga adalah sebuah mantra syirik. Dimana kita ketahui penyebutan suku kata om sering dilakukan pemeluk agama hindu atau budha. Maka jika kita menyebutkan om yoga om maka tanpa sadar kita akan terjerumus pada kesyirikan. Sama seperti penyebutan simbol-simbol Reiki seperti simbolRaku (bentuk petir) yang mempunyai fungsi mengusir kekuatan jahat. Namun simbol Rakuini sebetulnya adalah lambang kekuatan Dewa Petir Tibet yang bernama Vajrapani atau dalam bahasa Tibet disebut Dorju Raiten (kekuatan langit yang terang benderang). Simbol ini dianggap lambang kekuatan tertinggi di bumi yang bisa dikuasai manusia dan hanya dapat digunakan secara sempurna oleh seorang Dewa.

Hakikatnya jika kita memanggil simbol Raku dan memanggil namanya sesungguhnya kita memanggil kekuatan Dewa Petir Tibet dengan kata lain kita disadari atau tidak disadari akan berbuat syirik pada Allah karena memanggil dan meminta kekuatan Dewa-Dewanya masyarakat Tibet. Begitu pula halnya jika menyebut om yoga om. Kalimat tersebut adalah bahasa weda yang berarti sebutan bagi Tuhan / Dewa-dewanya agama Hindu.

Maha Suci Allah dari yang orang-orang kafir sifatkan. Tiada dewa atau tuhan selain Allah.
Firman Allah Ta’ala:

لَوْ كَانَ فِيهِمَا آلِهَةٌ إِلاَّ اللهُ لَفَسَدَتَا فَسُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ عَمَّا يَصِفُونَ

“Sekiranya ada di langit dan bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa.Maka Maha Suci Allah yang mempunyai ‘Arsy daripada apa yang mereka sifatkan.”(QS.Anbiyaa’(21):22) (sumber)

Diharmkannya yoga di Indonesia apakah akan menyurutkan minat bangsa Indonesia terhadap meditasi Yoga? Wallahualam.....

Semoga bacaan ini menjadi rujukan bagi kita untuk tidak tersesat terhadap cara-cara yang tidak lazim dan menyimpang dari ajaran Agama Islam.

Amien ya rabbal  alamin...

No comments:

Post a Comment