Thursday 15 January 2015

Tips Menghilangkan Kecemasan Ketika Naik Pesawat Untuk Berangkat Umrah.... Edisi Ibunda (Part 2)


Kekasih Allah.- Terima kasih Ibunda atau pembaca Kekasih Allah sudah membaca postingan saya yang pertama, semoga semuanya diberi kekuatan hati oleh Alloh SWT dalam menjalani umroh yang kita jalani.

Sekali lagi bunda tidak ada yang harus dirisaukan oleh bunda, kuatkan niat dan ikhlaskan hati ibunda selama melaksanakan ibadah umrah. Apapun halangan dan rintangan yang harus dihadapi, hadiplah dengan kesabaran dan bertaqwalah kepada Allah SWT.

Perasaan takut yang dialami bunda ketika akan menaiki pesawat untuk yang pertama kalinya, pasti dirasakan pula oleh hampir sebagian pengguna pesawat ketika terbang untuk pertama kalinya. hal ini sudah menjadi syndrom bagi pengguna pesawat pemula seperti Ibunda.

Untuk itu bunda kali ini saya berikan beberapa tips buat Ibunda (juga mungkin buat beberapa pembaca kekasih Allah yang memiliki perasaan yang sama dengan Ibunda kami) agar ibunda bisa tenang selama penerbangan Surabaya - Madinah.

1. Berdoalah sebelum bepergian, saat naik dan saat didalam pewsawat  iringilah dengan doa bersyukur jika sampai tujuan dengan selamat.
 
Doa berangkat bepergian


Doa naik kendaraan



2. Ada baiknya bunda tiba di bandara sebelum waktu keberangkatan yang sebenarnya (Insyaallah Ananda akan mengantarkan Ibunda lebih dahulu jauh-jauh sebleum keberangkatan). Karena jika terlambat maka akan memberikan rasa cemas.

3. Usahakan ibunda meminta tempat duduk di depan kabin karena turbulensi memiliki efek yang lebih besar di bagian belakang pesawat.

4. Kalau ibunda duduk di samping jendela jangan melihat ke jendela pada saat Take Off maupun Landing posisi jendela di tutup terlebih dahulu. Baru kemudian kalau pesawat sudah di ketinggian yang stabil, ibunda bisa membuka penutup jendela dan bisa melihat kebesaran Allah dari atas pesawat.

5. Peganglah tangan Ayahanda. Insyaallah akan membantu membuat ibunda jauh lebih tenang selama perjalanan.

6. Berdzikir dalam hati atau mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala ciptaannya.

7. Untuk menghilangkan rasa cemas ingat bahwa selama bertahun tahun hanya sedikit penerbangan yang mengalami kecelakaan dari ribuan penerbangan yang dilakukan setiap harinya diseluruh dunia. bahkan lebih banyak kecelakaan yang menewaskan pengendara sepeda motor yang ugal-ugalan di jalan.

8. Hindari minuman seperti kopi atau teh berkafein karena dapat meningkatkan kecemasan. Ibunda dapat memilih minuman lain seperti jus atau air putih karena kalau tidak minum dakan dehidrasi dan ini akan meningkatkan fobia.

9. Mengambil nafas dalam-dalam sesering mungkin. ini akan memberikan kefokusan dalam pikiran saat take off maupun landing.

10. Ingat bunda bahwa rasa panik akan berlalu. Dr Wehrenburg mengatakan sangat penting untuk memahami bahwa rasa panik akan berlalu. Rasa panik menyerang tak akan bertahan lama beberapa menit. ketika rasa panik menyerang, ingat semuanya akan berakhir baik-baik saja jadi jangan terlalu dipikirkan. Kontrol diri untuk bisa melawan kepanikan.

11. Pastikan dalam hati bahwa perjalanan ibunda untuk menuju kebaikan atas undangan Allah.

Itulah tips yang bisa diberikan ananda untuk Ibunda dan Ayahanda tercinta. Semoag tips ini bisa membantu Ibunda dan ayahanda dalam menghilangkan kecemasan selama penerbangan dari Surabaya ke Madinah Al Mukarromah.

Insyaallah perjalanan Umrah kali ini dapat diberkati oleh Allah SWT dan Ibunda dan Ayahanda bisa kembali ke rumah di Indonesia dengan selama.

Amien ya rabbal alamin....



Literatur.
(sumber 1)
(sumber 2)
(Sumber 3)

No comments:

Post a Comment